SEKOLAH PASCASARJANA UNIVERSITAS BRAWIJAYA (SPUB) LAKSANAKAN MONITORING DAN EVALUASI PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS (ZI)

Kamis, 11 Juli 2024, Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya (SPUB) melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas (ZI) bertempat di Ruang Sidang Lantai 2, Gedung A, SPUB. Kegiatan ini dihadiri oleh Prof. Dr. Moh. Khusaini, S.E., M.Si., M.A. selaku Direktur SPUB, Dr. Nurul Badriyah, S.E., M.E. selaku Wakil Direktur Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerja Sama, Dr. Ir. Anthon Efani, M.P. selaku Wakil Direktur Bidang Umum, Keuangan, dan Sumber Daya, koordinator enam area (Area 1 Manajemen Perubahan, Area 2 Penataan Tata Laksana, Area 3 Penataan Sistem Manajemen SDM Aparatur, Area 4 Penguatan Akuntabilitas, Area 5 Penguatan Pengawasan, Area 6 Peningkatan Kualitas Pelayanan), tim Pengaduan dan Pengendalian Gratifikasi (TP3G), tim Agen Perubahan, dan Ketua Satuan Reformasi Birokrasi (SRB) Universitas Brawijaya, Dr. Ngesti Dwi Prasetyo, S.H., M.Hum. bersama tim visitasi.

 

Kegiatan dimulai dengan sambutan dan pengarahan dari ketua SRB UB dan pimpinan SPUB. Ketua SRB menyampaikan tentang kerangka pembangunan ZI-PIE, time line yang harus diperhatikan oleh seluruh area, serta hasil evaluasi Zona Integritas di SPUB. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai capaian di lima area dari tahun 2023 ke tahun 2024. Secara rinci, terdapat tiga area yang sudah melampaui nilai minimal dan terdapat tiga area yang masih dibawah nilai minimal.  Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi pada masing-masing area berdasarkan data Lembar Kerja Evaluasi (LKE) ZI.  Masing-masing area menyampaikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pengumpulan bukti dukung. Penyampaian kendala kemudian mendapatkan masukan dari tim visitasi sehingga masing-masing area bisa melakukan perbaikan LKE ZI.

 

Ketika kegiatan evaluasi LKE ZI berlangsung, dilakukan pula tinjau lapang sesuai dengan indikator evaluasi ZI oleh tim visitasi dengan mengunjungi unit-unit terkait dengan pelayanan publik. Hasil tinjau lapang menunjukkan bahwa evaluasi ZI di SPUB sudah bagus meskipun masih ada beberapa catatan yang harus diperhatikan untuk perbaikan kedepannya. Kegiatan ditutup oleh pimpinan SPUB dan Ketua SRB. Beliau optimis bahwa SPUB dapat meningkatkan nilai capaian enam area.