UJIAN AKHIR DISERTASI

Darwis Baso, ST.MT

PROGRAM DOKTOR ILMU LINGKUNGAN

PASCASARJANA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Rabu, 14 Maret 2018

 

 Nama Promotor/ Ko Promotor/ Pembimbing

  1. Prof. Ir. Antariksa., M.Eng., Ph.D
  2. Dr.Ir. Harsuko Riniwati., MS
  3. Dr. Ir. H. Andi Tamsil, MS

Nama Dosen Penguji

  1. Prof. Dr. Ir. Zaenal Fanani., MS
  2. Dr. Ir. Surjono., MTP
  3. Ir. Lambang Basri Said., MT., Ph.D
  4. Dr. Ir. Ratna Musa., MT
  5. Prof. Dr. Abdul Hakim., M.Si (Pimpinan Sidang)

Judul Disertasi           

Model Peningkatan Kepuasan Dalam Pengelolaan Prasarana Lingkungan Permukiman Dan Perilaku Masyarakat Di Bantaran Sungai Pampang

Ringkasan

Tujuan penelitian ini, untuk merumuskan indikator dari Partisipasi Masyarakat, Tingkat Pelayanan, Peran Masyarakat, Kepuasan dalam Pengelolaan Prasarana, dan Perilaku yang bertanggungjawab terhadap prasarana lingkungan permukiman; menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dalam pelayanan pengelolaan prasarana lingkungan permukiman; menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilku yang bertanggung jawab terhadap prasarana lingkungan permukiman di bantaran Sungai Pampang; merumuskan model peningkatan kepuasan dalam pengelolaan prasarana lingkungan permukiman dan perilaku yang bertanggungjawab terhadap lingkungan. Dalam penelitian ini akan diuji beberapa hipotesis yang sesuai dengan indicator variable maupun hubungan regresi dalam struktur hubungan yang dianggap saling berpengaruh baik secara langsung (direct effect) maupun pengaruh secara tidak langsung (inddirect effect). Hipotesis menggunakan analisis SEM (structural equation modeling).

Kepuasan dalam pelayanan pengelolaan prasarana lingkungan berpengaruh signifikan terhadap perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan. Semakin tinggi kepuasan dalam pelayanan pengelolaan prasaran lingkungan, maka perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan akan semakin meningkat. Semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat, maka kepuasan dalam pelayanan pengelolaan prasaranan lingkungan dan perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan akan semakin meningkat. Tingkat pelayanan prasarana dasar lingkungan pemukiman berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dalam pelayanan pengelolaan prasarana lingkungan. Tingkat pelayanan prasarana dasar lingkungan pemukiman secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan, melainkan pengaruh ini secara tidak langsung harus melalui kepuasan dalam pelayanan pengelolaan prasarana lingkungan. Kepuasan dalam pelayanan pengelolaan prasarana lingkungan merupakan mediator bagi pengaruh tingkat pelayanan prasarana dasar lingkungan pemukiman terhadap perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan. Pengaruh peran masyarakat terhadap perilaku bertanggungjawab terhadap lingkungan tidak perlu dimediasi oleh kepuasan dalam pelayanan pengelolaan prasarana lingkungan.

Kata kunci: Model, kepuasan, lingkungan permukiman, perilaku masyarakat