Filsafat Ilmu & Metode Penelitian

Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa dapat membuat usulan penelitian disertasi dalam lingkup sumberdaya, lingkungan dan pembangunan, serta dapat membuat karya tulis ilmiah untuk mempublikasikan hasil penelitiannya.

Pokok bahasan meliputi: Filsafat ilmu dalam konteks sumberdaya dan lingkungan (ilmu, pengetahuan, logika, berfikir secara deduktif-induktif-verifikatif). Peran penelitian dan pengembangan dalam perkembangan IPTEK dan pembangunan. Pengertian penelitian: ciri-ciri, etika, kualitas, proses pelaksanaan penelitian, dan research setting. Problematik penelitian lingkungan: pengertian research problem; keterkaitannya dengan permasalahan aktual yang dihadapi oleh masyarakat dan pembangunan; identifikasi, deskripsi dan formulasinya. Konsep, teori, indikator, variabel, dan definisi operasionalnya. Hipotesis dan tujuan penelitian. Metode penelitian: eksperimental, survei, dan simulasi. Karya tulis ilmiah: ciri-ciri karangan ilmiah, penulisan ilmiah, penyajian dan komunikasi ilmiah. Pembuatan konsep usulan penelitian tesis dalam lingkup sumberdaya, lingkungan dan pembangunan.

 

Referensi:

  1. James M. Beard, 1994. Chemistry, Energy and the Environment, Wuerz Publishing, Ltd, Winnipeg, Canada.
  2. Nigel Bunce, 1994. Environmental Chemistry, 2nd Edition, Wuerz Publishing, Winnipeg, Canada.
  3. Stewart E. Allen, Editor, 1989. Chemical Analysis of Ecological Materials, Second Edition, Blackwell Scientific Publications, Oxford.
  4. D. T. E. Hunt and A. L. Wilson, 1990. The Chemical Analysis of Water, General Principles and Techniques, Second Edition, Royal Society of England, Cambridge.
  5. Lawrence H. Keith, Editor, 1998, Principles of Environmental Sampling, American Chemical Society, Washington.
  6. Environmental Impact Assessment Methodologies, by Y. Anjaneyulu, B.S. Publication, Sultan Bazar, Hyderabad.
  7. Environmental Science and Engineering, by J. Glynn and Gary W. Hein Ke – Prentice Hall Publishers.
  8. Environmental Pollution and Control, by Dr H.S. Bhatia – Galgotia Publication (P) Ltd, Delhi.
  9. Booth, W. C., G. G. Colomb and J. M. Williams. 2008. The Craft of Research (Third Addition). Chicago: University of Chicago Press

 

Benchmarking: UNIVERSITY OF WATERLOO

 

Lebih lengkap silahkan download disini.