Documents of Community ServicesDokumen Pengabdian

Gambar diatas adalah salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat salah satunya adalah kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dalam hal ini adalah penanganan limbah dari penyembelihan hewan kurban smelalui sosialisasi tata cara penyembelihan hewan kurban yang ramah lingkungan dan halal.

Berikut adalah data hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen PM PSLP

 

PSLP-UB Ajak Petani Wirausaha Biopestisida

Program magister Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan dan Pembangungan (PSLP) telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Kasembon, Kabupaten Malang, tepatnya di gedung UPT Pengembangan Usaha dan Agropreneur Kampus Kasembon (Jum’at, 09/06/2017).  Kegiatan ini diikuti oleh para petani termasuk ketua kelompok tani, mahasiswa, dan pakar Biopestisida.

Dalam kegiatan ini petani diajak lebih mengenal bagaimana produksi jamur patogen serangga yang diisolasi dari tanah dan memotivasi petani untuk berwirausaha biopestisida. Materi kegiatan disampaikan langsung oleh KPS PSLP UB, Dr. Ir. Aminudin Afandhi, MS. dan Moch. Syamsul Hadi, SP., MP. selaku pakar Biopestisida.

Para petani sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka tahu langsung penjelasan tentang produk biopestisida khususnya tentang bahan-bahan pembuatan biopestisida dan peluang bisnisnya. Bahkan, para petani tertarik dan meminta penjelasan lebih lanjut bagaimana manfaat biopestisida, cara pembuatan, dan cara aplikasi di lapangan. Mereka juga  mengharapkan kegiatan seperti ini bisa berlanjut untuk mengadakan pelatihan pembuatan biopestisida utuk kelompok tani di daerah Kasembon.

Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, diharapkan dapat membekali para petani untuk memiliki jiwa kewirausahaan dalam mengembangkan usaha produksi bioinsektisida dan memberi solusi dalam mengurangi dampak negatif dari pemakaian bahan sintetik pertanian terhadap lingkungan (AQA).