Kuliah Lapang Mata Kuliah Sistem Lingkungan Hidup dan Analisisnya “Analisis Pengelolaan Ekosistem dalam Pertanian dan Perikanan di Pulau Pulau Poteran, Kabupaten Sumenep”

Pertanian dan perikanan merupakan tulang punggung ekonomi dan mata pencaharian utama bagi penduduk Pulau Poteran. Namun, praktik-praktik pengelolaan ekosistem yang kurang berkelanjutan berpotensi menyebabkan kerugian ekologis dan ekonomis yang signifikan. Oleh karena itu, Program Magister Pengelolaan Sumber Daya Lingkungan dan Pembangunan (PSLP) melalui mata kuliah Sistem Lingkungan Hidup dan Analisisnya melaksanakan kunjungan bersama mahasiswa pada lokasi pertanian di Pulau Poteran dan Kabupaten Sumenep pada tanggal 15-16 Oktober 2023. Mahasiswa melakukan pengamatan dan dosen pendamping, Maharani Pertiwi K. S.Si., Mb. Biotech., Ph,D memberikan penjelasan terkait kondisi ekosistem pertanian. Selanjutnya, mahasiswa melakukan wawancara dengan petani untuk menggali informasi terkait sistem pertanian.

Informasi berupa Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan petani terkait pertanian dan perikanan. Wawancara dilakukan untuk memperoleh pandangan dan pengalaman langsung dari petani terkait, mengeksplorasi tantangan, peluang, serta praktik yang digunakan dalam pertanian jagung di wilayah tersebut. Selanjutnya, mahasiswa juga melakukan eksplorasi data sekunder melalui studi literatur. Gabungan informasi yang diperoleh dari wawancara sebagai data primer, bersama dengan informasi dari studi literatur sebagai data sekunder, diharapkan memberikan pemahaman yang komprehensif serta dalam yang lebih mendalam terkait situasi pertanian di Desa Palasa, memungkinkan identifikasi solusi dan rekomendasi yang relevan untuk meningkatkan keberlanjutan pertanian dan kesejahteraan masyarakat setempat dalam menganalisis aspek ekonomi, lingkungan, dan sosial. Aspek ekonomi dilakukan perhitungan Revenue Cost Rasio dan Benefit Cost Rasio dengan karakteristik ekonomi yang didapat melalui wawancara.

Kuliah lapangan yang telah dilakukan diharapkan memberikan pemahaman, pengalaman dan prakteik kepada mahasiswa untuk mampu melakukan analisis keberlanjutan ekosistem pertanian dan perikanan di Pulau Poteran, Kabupaten Sumenep. Analisis keberlanjutan pertanian dilakukan melalui tiga indikator utama, yaitu peningkatan pendapatan usaha tani, pengelolaan pertanian ramah lingkungan, dan peningkatan kemampuan petani dalam pertanian. Sementara itu, analisis keberlanjutan perikanan mencakup penilaian terhadap peningkatan pendapatan nelayan, pengelolaan perikanan yang ramah lingkungan, dan peningkatan kemampuan nelayan dalam menjalankan kegiatan perikanan. Dengan demikian, analisis data ini bertujuan untuk mengukur keberlanjutan ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam sektor pertanian dan perikanan di daerah tersebut. Kesimpulan ini menunjukkan fokus yang diberikan pada pentingnya menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi, pelestarian lingkungan, dan peningkatan kesejahteraan sosial bagi masyarakat petani dan nelayan di Pulau Poteran.