Sekolah Pascasarjana UB adakan Workshop Upgrading RPS berbasis OBE (OUTCOME BASED EDUCATION)

Sekolah Pascasarjana Universitas Brawijaya (SPUB) mengadakan Workshop Upgrading RPS (Rencana Pembelajaran Semester) berbasis OBE (OUTCOME BASED EDUCATION) selama dua hari, Selasa – Rabu, 29 – 30 Agustus 2023. Acara ini dilaksanakan di Hotel Montana Dua Malang, Ruang Wijaya Kusuma Ballroom dengan mengundang dosen-dosen pengampu MK (mata kuliah) di program studi magister dan doktor di SPUB.

Acara dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan pembukaan dan pengarahan dari Wakil Direktur Bidang Akademik, Mahasiswa, Alumni, dan Kerjasama, Dr. Nurul Badriyah, SE.,ME, didampingi oleh Ketua GJM (Gugus Jamin Mutu), Prof.Dr.Ir. Harsuko Riniwati, MP dan KPS PDIL (Program Doktor Ilmu Lingkungan), Prof.Dr.Ir. Gatot Ciptadi, DESS.,IPU. Dr. Nurul Badriyah menyampaikan bahwa Rektor Universitas Brawijaya meminta agar RPS mulai pada semester ini dilakukan secara tersistem di SIADO dengan berbasis OBE. Disampaikan pula kendala-kendala yang ada di SPUB terkait dengan RPS, dimana RPS belum tersistem berbasis OBE, walaupun pada praktiknya pembelajaran sudah menerapkan konsep OBE. Pelatihan atau workshop RPS berbasis OBE sudah dilakukan pada tingkat universitas, dan SPUB ingin mengakomodir penyusunan RPS yang berbasis OBE untuk semua program studi di SPUB. Hal tersebut yang melatarbelakangi terselenggaranya workshop ini.

Materi pertama pada hari Selasa, 29 Agustus 2023 disampaikan oleh Dr. Henry Praherdhiono, S.Si.,M.Pd. dari Universitas Negeri Malang mengenai Penyusunan Kurikulum berbasis OBE, dengan pengarahan diskusi oleh Ibu Dr. Dhia Al Uyun, S.H. selaku moderator. Pada materi pertama ini, Dr. Henry menegaskan bahwa dalam penyusunan kurikulum OBE, menempatkan keterlibatan mahasiswa sebagai pusat dalam proses pembelajaran, sehingga berbeda dengan content-based eduation yang menjadikan dosen sebagai pusat atau pemberi informasi. Mahasiswa diberikan kesempatan dalam mengevaluasi hasil tugas atau pembelajarannya (self-system). Selain kemadirian mahasiswa, penyusunan kurikulum berbasis OBE juga mempertimbangkan branding MK yang dapat menarik mahasiswa dan memotivasi pengembangan diri dalam bentuk ekplorasi terhadap topik MK yang dijalani.

Workshop dilanjutkan dengan materi penyusunan RPS dengan pendekatan OBE, masih dari pemateri yang sama, Dr. Henry Praherdhiono didampingi oleh Prof. Gatot Ciptadi sebagai moderator. Pada sesi ini, pemateri memberikan contoh penyusunan RPS dari yang sudah ada dan menjelaskan bagaimana penerapan OBE dalam RPS menggunakan beberapa teori acuan seperti taksonomi Bloom, taksonomi Marzano, dan metode sintak. Semua teori dan metode tsb sudah mengarahkan pada penerapan OBE dalam RPS, yang juga sudah memenuhi ‘amanat’ dari KKNI untuk level 8 (magister) dan level 9 (doktor). Salah satu contoh penggunaan OBE dalam pengajaran yang sering digunakan adalah Project Based Learning (PjBL).

Worskhop dilanjutkan dengan sesi penyusunan RPS berbasis OBE, dengan pembagian komisi pada masing-masing program studi, yaitu Program Magister Pengelolaan Sumberdaya Lingkungan dan Pembangunan (S2 PSLP), Program Magister Wawasan Pertahanan Nasional (S2 Wasantanas), Program Magister Kajian Wanita (S2 PMKW), Program Doktor Ilmu Lingkungan (S3 PDIL), dan Program Doktor Ilmu Hukum Minat Studi Ketahanan (S3 PDSK). Penyusunan RPS ini dilakukan sampai pada hari kedua workshop, Rabu, 30 Agustus 2023 oleh dosen-dosen pengampu MK yang diarahkan oleh KPS dan didampingi oleh tendik (tenaga kependidikan). RPS versi lama disesuaikan ke dalam template RPS berbasis OBE dengan menyesuaikan CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan), CPMK (Capaian Pembelajaran Mata Kuliah), dan profil lulusan dari MK tersebut.

Sebelum sesi evaluasi RPS yang sudah disusun, pemateri Prof. Dr.Eng. Widya Wijayanti, ST.,MT dari Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya memberikan penjelasan singkat dalam pengisian RPS berbasis OBE dengan contoh-contoh bagian isian RPS yang sesuai dengan konsep OBE. Setelah penjelasan singkat, workshop dilanjutkan RPS berbasis OBE yang sudah disusun kemudian dievaluasi oleh pemateri. Sesi evaluasi ini diarahkan oleh KPS S2 PSLP, Ibu Dr.Ir. Hartati Kartikaningsih, M.Si selaku moderator.

Perwakilan dari masing-masing PS kemudian mempresentasikan RPS yang sudah disusun untuk dievaluasi oleh Prof. Widya Wijayanti. Presentasi perwakilan S2 PSLP oleh Dr. Dini Atikawati, S.Pd.,M.Sc, S3 PDIL oleh Wresti Listu Anggayasti, Ph.D, S2 Wasantanas oleh Prof.Dr. H. Moeljadi, SE.,SU. dan Dr. Alfi Haris Wanto, S.AP.,M.AP.,MMG, S2 PMKW oleh Fitri Candra Wardana, SE.,M.Acc.,Ph.D, serta S3 PDSK oleh Prof.Dr. Setyo Widagdo, S.H.,M.Hum. dan Bunga Hidayati, S.E.,M.E.,Ph.D. Hasil evaluasi yang diberikan menekankan pada beberapa hal, seperti CPL yang harus sesuai dengan koridor bidang program studi, perlunya mendetailkan materi pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran dan evauasi pembelajaran sesuai panduan terbaru, serta evaluasi pembelajaran terhadap CPMK.

Dari hasil evaluasi oleh pemateri, komisi masing-masing PS kembali berkumpul untuk merevisi RPS, didampingi oleh KPS dan tendik sesuai dengan arahan dan masukan dari Prof. Widya Wijayanti. Revisi RPS yang sudah final kemudian dikumpulkan untuk diunggah ke dalam SIADO (Sistem Informasi Dosen Universitas Brawijaya) masing-masing KPS. Dengan adanya RPS yang sudah berbasis OBE dan sudah terunggah pada sistem SIADO, diharapkan dosen-dosen pengampu MK dapat lebih mudah dalam merencanakan dan menyelenggarakan perkuliahan, serta lebih terstruktur dalam pemberian tugas dan penilaian. Melalui acara Workshop ini, diharapkan RPS yang sudah berbasis OBE dapat membantu dosen dalam mengarahkan mahasiswa untuk mengeksplorasi, berkarya dan mengkreasikan topik-topik dalam MK sesuai bidang minatnya.

Adapun untuk memotivasi dosen pengampu MK untuk menyelesaikan RPS masing-masing, diberikan penghargaan dari SPUB bagi empat penyusun RPS yang tercepat, tepat dan sesuai dengan template RPS OBE. Hasil penilaian memberikan penghargaan kepada Dr. Dini Atikawati, S.Pd.,M.Sc dari S2 SPLP, Wresti Listu Anggayasti, Ph.D dari S3 PDIL, Bunga Hidayati, S.E.,M.E.,Ph.D dari S3 PDSK dan Fitri Candra Wardana, SE.,M.Acc.,Ph.D dari S2 PMKW.

 

Gambar 1. Foto Bersama Pemateri, Peserta, dan Panitia

 

Gambar 2. Materi oleh Dr. Henry Praherdhiono, S.Si.,M.Pd.

 

Gambar 3. Komisi Program Studi Penyusun RPS

 

Gambar 4. Materi oleh Prof. Dr.Eng. Widya Wijayanti, ST.,MT