Hari Bumi

Earth Day atau Hari Bumi merupakan suatu perayaan hari pendidikan tentang isu lingkungan yang diperingati tanggal 22 April setiap tahunnya. Pertamakali ditemukan pada tahun 1970an, Gagasan Senator Gaylord Nelson dan terinspirasi oleh protes pada tahun 1960-an, Hari Bumi dimulai sebagai “hari pendidikan nasional tentang lingkungan”. Dengan meningkatkan kesadaran publik akan polusi, Nelson berharap dapat membawa masalah lingkungan menjadi sorotan nasional. Hari Bumi pertama efektif untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah lingkungan dan mengubah sikap publik.

Earth Day Network (EDN), Jaringan Hari Bumi, organisasi yang memimpin perayaan Hari Bumi di seluruh dunia, menetapkan 2019 sebagai tahun untuk “Melindungi Spesies Kita.” Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam perayaan Hari Bumi antara lain dengan memilah sampah, menanam pohon dan merawatnya, memperbaiki keran yang bocor meningat hanya 1 persen air di bumi yang bisa diminum, membersihkan kota, taman, pantai dan saluran air, bepergian dengan kendaraan umum sehingga akan mengurangi emisi kendaraan serta menghambat perubahan iklim, membawa minuman sendiri, mengurangi penggunaan kertas, dan bergotong royong membersihkan lingkungan tempat tinggal.

Earth Day Network (EDN), Jaringan Hari Bumi, organisasi yang memimpin perayaan Hari Bumi di seluruh dunia, menetapkan 2019 sebagai tahun untuk “Melindungi Spesies Kita.” Menurut EDN, tema tersebut dipilih untuk menyoroti fakta bahwa aktivitas manusia secara langsung terkait kepunahan massal yang disebabkan aktivitas manusia daripada penyebab alami.

 

Sumber: