DOSEN PROGRAM STUDI ILMU LINGKUNGAN PASCASARJANA UB MENGHADIRI LOKAKARYA DAN RAPAT KOORDINASI NASIONAL PEPSILI DI UNIVERSITAS INDONESIA

Dua orang staf dosen program Pasca Sarjana Program Studi Ilmu Lingkungan yang sekaligus masing masing adalah ketua program studi S2 dan S3 Program studi Ilmu Lingkungan, yaitu Dr.Ir. Gatot Ciptadi, DESS, IPU dan Dr.Ir. Aminudin Afandi, MS, mengikuti lokakarya dan rapat koordinasi yang diselenggarakan oleh PERSILI (Perkumpulan Program Studi Ilmu Lingkungan) di Universitas Indonesia pada tanggal 20 Juni sampai dengan  21 Juni 2019. Pada kesempatan lokarya nasional yang dihadiri lebih dari 45  delegasi pengurus dan anggota  PEPSILI yang anggotanya terdiri dari 73 Program S1 linkungan 27 S2 magister lingkungan dan 19 program doktor ilmu lingkungan seluruh Indonesia, menghadirkan Prof. Emil Salim, mantan menteri  Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) yang merupakan begawan pakar lingkungan hidup senior menyampaikan pembekalan materi umum tentang Visi Indonesia 2045 .

Pada acara kuliah pembekalan peserta lokakarya delegasi PEPSILI yang datang dari seluruh penjuru Indonesia itu Prof Emil Salim diantaranya menekankan pentingnya equality of education untuk Indonesia dibidang  matamatika, reading dan science. Pada  akhir presentasi Prof Emil menegaskan kembali tentang  tugas utama para pakar lingkungan agar terus bisa  meningkatkan value added, berdasarkan otak, ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi  khususnya  di masing masing daerah Indonesia yang tentunya masing masing mempunyai karakter keunggulan yang spesifik. Pada kesempatan lokakarya tahunan ini, juga menghadirkan nara sumber direktur PDLKWS dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Erik Teguh Primantoro, S.Hut, MES.

Dalam lokakarya keenam tahun 2019 yang dikoordinir oleh Sekolah Lingkungan UI, dan diikuti oleh semua universitas penyelenggara Program Studi Ilmu Lingkungan S1, S2 dan S3 dibahas secara komprehensif beberapa materi diskusi yang sebelumnya telah dirumuskan oleh masing masing komisi kerja, yaitu: kurikulum, organisasi informasi dan komunikasi (penerbitan jurnal), pengembangan profesi,  pembahasan tentang pengembangan kemitraan, kerjasama, dan launching jurnal ilmiah PEPSILI,  dengan target bisa  dihasilkan SDM lingkungan yang lebih berkualitas dan berdaya guna dimasa datang. Secara historis, PEPSILI sendiri lahir pada lokakarya II pada tanggal 22-24 April 2018 di Universitas Brawijaya, Malang (PGTC, 2019).

 

Gambar 1. Lokakarya Pepsili ke- 6 di Universitas Indonesia yang diikuti pleh KPS S2 dan S3 Pasca Sarjana UB, dengan pemateri utama Prof. Emil Salim,MA, Phd,  mantan menteri KLH yang sekaligus adalah  merupakan salah satu Pembina PEPSILI. : a. delegasi dari berbagai Program Studi Lingkungan dari berbagai universitas di Indonesia penyelenggara program Ilmu Lingkungan, b. Staf UB bersama begawan ekonomi dan leingkungan hidup Prof Emil Salim. c, KPS S2 dan S3 Ilmu Lingkungan UB yang menghadiri acara konggres dan c. Kuliah Pembekalan peserta lokakarya oleh Prof Emil Salim. ( Foto: Dokumentasi PERSILI, 2019)