Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (PPSUB) pada awalnya diselenggarakan dalam bentuk Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) bersama Universitas Gadjah Mada sejak tahun 1982. Mulai tahun akademik 1993/1994 penyelenggaraannya dilakukan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya.

Guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Program Pascasarjana Universitas Brawijaya mengupayakan pemberian beasiswa kepada Mahasiswa yang berprestasi dalam bidang Akademik. Hal ini juga berguna untuk mencapai tujuan program beasiswa, yaitu :

1. Memberikan bantuan dana penelitian bagi mahasiswa Program Doktor yang substansi penelitiannya dapat memberikan sumbangan langsung bagi kemajuan IPTEK dan pembangunan.

2. Memberikan peluang yang lebih tinggi untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi lulusan doktor

3. Mahasiswa program doktor yang memperoleh hibah penelitian ini dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dan sesuai yang direncanakan

4. Menyiapkan DOSEN Indonesia yang berkualitas dan memiliki daya saing internasional dengan memberi kesempatan kepada mahasiswa pascasarjana (S3) di PPSUB untuk mengalami sendiri sistem pendidikan internasional di luar negeri