Program Magister Kajian Wanita (Woman Studies)

Persoalan yang dihadapi wanita semakin lama semakin kompleks. Untuk mengatasinya dibutuhkan Studi wanita, tetapi Studi Wanita sebagai bidang keilmuan baru belum banyak dikenal. Dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan IPTEK yang berkepekaan gender yang berbasis humaniora, maka Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, membuka Program Studi S2 Kajian Wanita (Woman Studies) yang diharapkan dapat menghasilkan insan akademis yagn berkesadaran gender yang dialami wanita dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Program Studi S2 Kajian Wanita berusaha merespon kebutuhan empiric masyarakat dan juga kebutuhan keilmuan dengan menyelenggarakan pembelajaran yang berbasis kompetensi. Menghadapi realita, bahwa masyarakat Indonesia termasuk para birokrat/eksekutif, legislatif, politisi, LSM dll. Yang masuk dalam masa transisi dari tradisional ke modern, dengan persoalan gender yang terjadi pada seluruh aspek kehidupan, seperti social, politik, hokum, ekonomi, budaya, agama dan pemerintahan; Ilmi pengetahuan dan teknologi misalnya komunikasi, globalisasi, demokrasi; pendidikan Strata 2 yang menyiapkan SDM dengan ilmu pengetahuan yang multidisilplin/interdisiplin adalah keharusan.

Program Studi S2 Kajian Wanita dimaksudkan untuk menjawab tantangan ke depan dalam bentuk pendidikan tenaga ahli dalam bidang kajian wanita yang profesional, praktis dan strategis dalam memecahkan masalah. gender, antara lain tindak kekerasan terhadap wanita, perlakuan ketidakadilan terhadap wanita, perlakuan yang melanggar hak asasi wanita yagn hingga kini sering menimbulkan konflik berkepanjangan dalam keluarga, masyarakat, bangsa Negara dan dunia, melalui bidang keilmuan dan kajian ilmiah.

VISI DAN MISI

Visi:

Visi dari program studi S2 Kajian Wanita (Women Studies) adalah Lembaga Pendidikan Tinggi (Center of Excellent) menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan penelitian yang mampu melahirkan lulusan strata 2 dengan kapasitas prima mengejewantahkan peradaban dunia yang berkeadilan dan kesetaraan gender

Misi:

Adapun sebagai misi dari program studi ini :

Menyelenggarakan program pendidikan dan pembelajaran secara professional untuk menciptakan praktisi-akademisi kajian wanita dimasing-masing bidang yang digeluti

Menyelenggarakan penelitian berperspektif gender sebagai dasar pengembangan ilmu, metodologi dan perencanaan program pembangunan di berbagai bidang.

Melaksanakan kajian-kajian untuk mengidentifikasi masalah-masalah dan kebutuhan gender sebagai dasar advokasi dan merumuskan yang berkeadilan dan merumuskan solusi yang berkeadilan dan berkesetaraan gender.

Tujuan:

Adalah menjadi tujuan penyelenggaraan Program Studi Kajian Wanita untuk menghasilkan lulusan sebagai berikut :

- Mampu menganalisis isu-isu gender di berbagai bidang secara interdisiplin dan menemukan solisi pemecahannya

- Mampu mengaplikasikan metode penelitian berperspektif gender sebagai alat dan cara untuk mancapai keadilan dan kesetaraan gender

- Mampu melakukan advokasi untuk mengatasi ketimpangan gender di berbagai bidang

PERSYARATAN CALON MAHASISWA

Persyratan bagi calon peserta untuk dapat diterima sebagai mahasiswa program S2 Kajian Wanita adalah telah mnyelesaikan S1 dengan IPK minimal 2,75. Telah memiliki hasil tes potensi Akademik (TPA) OTO BAPENNAS, memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Inggris setara TOEFL minimum 450.

Bagi calon mahasiswa yang mempunyai latar belakang disiplin ilmu yang berbeda dengan program akademik sebelumnya, diberikan kesempatan untuk mengikuti Program Alih Tahun pra-Pascasarjana.

FASILITAS

Perkuliahan dilaksankan pada program multistarata yang menggunakan fasilitas PPSUB. Mahasiswa dapat mengakses informasi perpustakaan dan laboratorium di lingkungan Universitas Brawijaya, serta laboratorium internet untuk belajar mandiri

PERSYARATAN CALON MAHASISWA

Persyratan bagi calon peserta untuk dapat diterima sebagai mahasiswa program S2 Kajian Wanita adalah telah mnyelesaikan S1 dengan IPK minimal 2,75. Telah memiliki hasil tes potensi Akademik (TPA) OTO BAPENNAS, memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Inggris setara TOEFL minimum 450.

Bagi calon mahasiswa yang mempunyai latar belakang disiplin ilmu yang berbeda dengan program akademik sebelumnya, diberikan kesempatan untuk mengikuti Program Alih Tahun pra-Pascasarjana.

PENDAFTARAN

Cara Pendaftaran

Calon peserta mangajukan permohonan secara tertulis dengan mengisi formulir yang telah disediakan, kepada :

Direktur

Program Pascasarjana Universitas Brawijaya

Jl. Mayjen Haryono 169 Malang 65145

Dilampiri dengan :

- Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar

- Salinan ijazah S1 yang telah dilegalisir

- Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah dilegalisir

- Surat Rekomendasi dari 2 orang (pembimbing/atasan), tentang kelayakan akademik pendaftar

- Karya ilmiah setelah lulus sarjana (wajib untuk yang menjadi persyaratan)

- Surat ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja

- Surat keterangan tentang sumber dana dan penanggung jawab studi

- Daftar Riwayat Hidup

- Surat keterangan kesehatan dari Dokter Umum atau Puskesmas

- Salinan Sertifikat TOEFL

- Salinan Sertifikat TPA OTO-BAPENNAS

- Membayar biaya pendaftaran secara langsung ke bagian pendaftaran

Persyaratan 2 s/d 12 masing-masing dibuat 3 rangkap.

Seleksi Pelamar

Seleksi pelamar dilakukan oleh suatu Tim yang terdiri dari Direktur Program Pascasarjana sebagai Ketua dan Ketua Program Studi Kajian Wanita sebagai Anggota. Hasil seleksi akan diberitahukan secara tertulis kepada pelamar, oleh Direktur Program Pascasarjana Universitas Brawijaya.

BIAYA PENDIDIKAN

Biaya

Biaya Pendaftaran : Rp.300.000,-

Biaya Pendaftaran TPA : Rp.300.000,-

Biaya Pendaftaran TOEFL : Rp.150.000,-

Biaya ORDIK, Perpustakaan : Rp.600.000,-

Biaya Program Alih Tahun (Kelas Pagi) : Rp.1.000.000,-

Biaya Program Alih Tahun (Kelas Khusus) : Rp.2.000.000,-

Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan Program Magister Kajian Wanita PPSUB untuk regular adalah Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah) per semester, dan kelas khusus / eksekutif Rp. 7.500.000,- (Tujuh Juta LimaRatus Ribu Rupiah) persemester. Biaya SPFP (Sumbangan Pengembangan Fasilitas Pendidikan) sebesar Rp. 2.000.000,- yang dibayarkan pada semester I.

KONTAK PERSON

Untuk informasi pendaftaran silahkan berhubungan dengan :

Sdr. ADITYA DEDY PURWITO, S.E

Hp. 081803806222

Bagian Pendaftaran Mahasiswa Baru

Program Pascasarjana Universitas Brawijaya

Jl. Mayjen Haryono 169 Malang 65145

Telp. (0341) 571260 Faks. (0341) 580801

E-mail : ppsub@brawijaya.ac.id

Download BROSUR