Ditulis pada tanggal 4 Desember 2012, oleh admin, pada kategori All Post, Informasi

Tim Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi ke Program Magister Pengelolaan Lingkungan, Program Pascasarjana Universitas Brawijaya (PM PSL – PPSUB). Tim asesor yang hadir adalah Prof. Dr. HA. Subiyakto, MS (Universitas Gajh Mada) dan Dr.Ir. Tri Padmi Damanhuri (Intitut Teknologi Bandung). Visitasi ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 2-4 Desember 2012 di Gedung E PPSUB.

 

Kegiatan visitasi ini merupakan serangkain proses dalam perolehan akreditasi. Kunjungan dilakukan setelah tahap proof reading dokumen Borang IIIA dan IIIB. Agenda pertama dalam visitasi tersebut adalah pertemuan antara visitor dengan pengelola PPSUB dalam hal ini direktur PPSUB, MS, Ketua PM-PSL, Ketua Gugus Jaminan Mutu serta staf administrasi pendukung PS. Dalam kesempatan ini Prof. Dr. Ir. Soemarno, MS (Direktur PPSUB) memaparkan tentang kondisi, aktivitas dan fasilitas PPSUB. Dalam pemaparannya beliau menambahkan bahwa secara senioritas PM-PSL merupakan program studi interdisiplin pertama yang dimiliki oleh PPSUB.

 Agenda kedua dalam visitasi ini adalah presentasikan tentang prodi dan aktivitas prodi dari Dr. Bagyo Yanuwiadi (Ketua PM-PSL). Dalam presentasinya Dr. Bagyo lebih banyak memaparkan tentang beban studi, mata kuliah, prasyarat sebagai mahasiswa serta paying kajian (road map) prodi. Keunggulan PM-PSL sebagai program magister interdisiplin adalah memiliki mata kuliah serta roadmap yang mengkaji suatu permasalahan tidak hanya dari satu sudut pandang ilmu tetapi dari berbagai disiplin ilmu sehingga diharapkan dapat membuahkan master of sains yang mampu melihat permasalahan secara obyektif.

 Dalam visitasi ini asesor juga melakukan pertemuan dengan dosen pengajar, mahasiswa, alumni, serta pengguna lulusan. Kunjungan lapang dilakukan oleh asesor ke fasilitas-fasilitas yang sering dipergunakan oleh mahasiswa PM PSL diantaranya adalah LSIH, Laboratium Mikrobiologi MIPA, serta perpustakaan.

 

“Secara umum proses visitasi dalam rangka akreditasi tersebut berjalan lancar, semoga hal ini dapat membuahkan nilai yang terbaik bagi PM PSL sehingga kualitas prodi akan semakin terakui dengan legal. Hari ini (4/12) kedua asesor telah menyelesaikan tugasnya dan kembali ke Jakarta melalui bandara Abdurrahman Saleh. Salam dan sampai ketemu empat tahun lagi” pungkas Dr.Bagyo Yanuwiadi.