Ditulis pada tanggal 8 Juni 2018, oleh admin, pada kategori All Post, Informasi, Kegiatan

 PROGRAM MAGISTER PENGELOLAAN SUMBERDAYA LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN

SELASA, 5 JUNI 2018

Nama Promotor/Co Promotor/Pembimbing  :

  1. Dr. Bagyo Yanuwiadi
  2. Dr. Ir. Rudy Sulistyono, MS

Nama Dosen Penguji :

  1. Dr. Ir. Harsuko Riniwati, MP
  2. Dr. Ir. Aminudin Afhandi, MS

 

Judul Tesis :

­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­kajian Konservasi Sumber Mata Air Berbasis Masyarakat (Studi Kasus di Kecamatan Insana Kabupaten Timor Tengah Utara)

Ringkasan :

Konservasi mata air adalah upaya memelihara keberadaan serta keberlanjutan keadaan, sifat dan fungsi mata air agar ketersediaan dalam kualitas dan kuantitas untuk memenuhi kebutuhan khususnya pada masyarakat baik sekarang maupun yang akan datang. Peran masyarakat merupakan kunci dalam pengelolaan sumberdaya mata air.

Penelitian bertujuan untuk 1) menganalisa tingkat partisipasi masyarakat serta 2) menganalisa strategi konservasi terhadap sumberdaya mata air yang berbasis masyarakat di kecamatan Insana. Hasil analisis menunjukan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dikecamatan Insana dengan tingkatan partisipasi dari Arnstein berada pada kriteria informing. 

Sedangkan rumusan strategi berdasarkan analisis SWOT yang dapat dihasilkan adalah; Melakukan kegiatan konservasi di kawasan mata air, peningkatan manajemen pengelolaan, Mengatisipasi konflik sosial di kecamatan Insana, Mengoptimal produk hukum terkait konservasi kawasan dan pelestarian kawasan sumber mata air, Penguatan Sumberdaya Manusia bagi masyarakat Kecamatan Insana.