Ditulis pada tanggal 25 Mei 2018, oleh admin, pada kategori All Post, Informasi

Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL)

PASCASARJANA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Jumat, 4 Mei 2018

 

 

Nama Promotor/ Ko Promotor :

  1. Prof.Dr.Ir. Soemarno, MS
  1. Amin Setyo Leksono, S.Si.,M.Si.,Ph.D
  1. Dr.Ir.H. Hanafi As’ad, MT

 

Nama Dosen Penguji :

  1. Dr. rer.nat.Ir. Arief Rachmansyah
  2. Dr. Ir. Sri Utami., MT
  3. Dr.Ir. Rustam., MS
  4. Ir. Lambang Basri Said, MT, Ph.D
  5. Prof. Dr. Abdul Hakim., M.Si (Pimpinan Sidang)

 

Judul Disertasi :       

Strategi Pengelolaan Air Limbah Domestik  Padakawasan Permukiman (Studi pada Perumuhahan Sakinah Antang Kecamatan Manggala di Kota Makasar)

 

Ringkasan :

Kota Makassar juga mengembangkan sistem pengolahan limbah domestik terpusat yang dikelola oleh Pemerintah Daerah seperti kota lainnya. Faktor geografis dan sebaran penduduk yang tidak merata menyebabkan pemerintah Kota Makassar membangun prasarana sistem pengolahan air limbah domestik terpusat dengan menggunakan sistem onsite. Sistem ini diintegrasikan dengan kawasan permukiman. Kawasan permukiman strategis sesuai Rencana Investasi Pengembangan Jangka Menengah (RPJIM) Kota Makassar menjadi perhatian dalam pengembangannya. Kawasan permukiman baru yang dibangun dengan lebih terencana dalam pembangunannya salah satunya yaitu kawasan permukiman Perumahan Sakinah Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar.

 

Hasil penelitian dari Bappeda Kota Makassar tahun 2014 bahwa setiap orang dalam sehari menghasilkan ±0,25 kg limbah domestik dengan jumlah penduduk di kedua kawasan permukiman tersebut berjumlah 6.212 jiwa maka diperkirakan sebesar ±4,5 ton perhari limbah domestik dari kawasan permukiman Perumahan Sakinah Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar ikut berkontribusi mencemari lingkungan kota . Hal ini berdampak terhadap tingginya penyakit pencernaan seperti disentri, cholera dan diare di kawasan permukiman perumahan.

 

Permasalahan yang terjadi adalah sistem pengolahan air limbah domestik terpusat yaitu IPAL di pusat kota yang digunakan untuk melayani kawasan permukiman Perumahan Sakinah Antang Kecamatan Manggala Kota  masih sedikit memiliki sambungan rumah (SR). Oleh sebab itu diperlukan analisis pengolahan air limbah terpusat (centralized) untuk keberlangsungan lingkungan yang lebih baik. Dekripsi ini menjelaskan bahwa pengelolaan air limbah dikawasan permukiman Perumahan Sakinah Antang Kecamatan Manggala di Kota Makassar belum optimal terlaksana mengingat ada berbagai masalah dan hambatan masih terus terjadi. Oleh karena diperlukan analisis pengelolaan air limbah domestik di kawasan permukiman perumahan dengan maksud agar pengelolaan limbah domestik dapat berjalan dan bermanfaat secara optimal dalam perbaikan kualitas lingkungan permukiman Perumahan Sakinah Antang Kecamatan Manggala di Kota Makassar.

 

Penelitian disertasi ini mempunyai beberapa kesimpulan, pada aspek teknis, aspek peran serta masyarakat sangat diperlukan dan harus didukung oleh aspek hukum dan peraturan yang disusun pemerintah. Sehingga dengan adanya peraturan yang mensyaratkan pembangunan perumahan harus mempunyai sistem pengelolaan limbah secara terpusat, maka setiap perumahan yang akan dikembangkan wajib mematuhi aturan tersebut. Pada aspek non teknis, aspek persepsi terhadap pengelolaan limbah menjadi aspek yang terpenting, karena dengan adanya persepsi yang baik dari masyarakat, tentunya dapat mendukung kebijakan-kebijakan yang dilakukan pemerintah melalui undang-undang atau peraturan terkait limbah. Dalam pengelolaan air limbah di Kecamatan Manggala ini terdapat peran serta dari masyarakat, pemerintah dan LSM. Strategi yang bisa dilakukan adalah dengan pengembangan prasarana air limbah baik dengan menggunakan sistem on site dan off site. Hal ini dapat dilaksanakan dengan menggunakan strategi yang terencana sesuai dengan Strategi Nasional dalam pengelolaan air limbah.

 

Kata Kunci: Limbah, AHP, SWOT, Shallow Sawarage, Perumahan