Ditulis pada tanggal 30 Mei 2018, oleh admin, pada kategori All Post, Informasi, Kegiatan

Program Doktor Ilmu Lingkungan (PDIL)

PASCASARJANA UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Jumat, 4 Mei 2018

 

 

Nama Promotor/Ko Promotor :

  1. Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Suyadi, MS
  2. Amin Setyo Leksono, S.Si.,M.Si.,Ph.D
  3. Ir. Lambang Basri Said, M.Sc.,Ph.D

Nama Dosen Penguji :

  1. Prof. Dr. Ir. Budi Hartono, MS.
  2. Prof. Dr. Ir. Henny Pramoedya, MS.
  3. Dr. Ir. H. Hanafi As’ad, MT
  4. Dr. Ir. Andi Tamsil, MS
  5. Prof. Dr. Abdul Hakim., M.Si (Pimpinan Sidang)

Judul Disertasi : 

Analisis Peran Faktor Motivasi, Partisipasi, Perilaku dan Kebijakan Terhadap Kinerja Pengelolaan Sampah Kota Makassar

Ringkasan :

Pengelolaan sampah idealnya melibatkan aspek teknis dan nonteknis secara komprehensif.. Tingkat pelayanan aspek teknis 80-90%, artinya masih meninggalkan permasalahan lingkungan, sehingga aspek nonteknis perlu dihadirkan, seperti faktor motivasi, partisipasi, perilaku, dukungan kebijakan dan kinerja pengelolaan sampah.

Permasalahan substansi aspek teknis, adalah pihak pengelola/pemerintah dalam konsep perencanaan/perancangan produk sisa sampah sangat tidak tepat, karena belum melibatkan data pertumbuhan urban/migrasi termasuk mobilitas penduduk yang bersifat temporer. Kekeliruan ini merupakan permasalahan persampahan diperkotaan, yaitu pendekatan angka jumlah alat/sarana pengelola tidak memenuhi, jumlah sumber daya manusia tidak tepat, dan perhitungan matematis lainnya. Dengan diimplementasikannya konsep Perencanaan Teknis Manajemen Persampahan berdasar UU No 18/2008, diharapkan pengendalian sampah dapat teratasi.

Penulis melakukan kajian kinerja pengelolaan sampah khususnya Kota Makasar, dengan terfokus pada aspek nonteknis, yaitu memotivasi pekerja, melibatkan partisipasi masyarakat, merubah pola pikir masyarakat, dan menerapkan aturan sebagai bentuk kebijakan serta mengakumulasi potensi nonteknis untuk mendongkrak kinerja pengelolaan sampah. Pembahasan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, dengan penyebaran angket/ kuesioner. Hasil yang akan dicapai adalah Kinerja Tingkat Pelayanan Pengelolaan Sampah melalui analisis hubungan antar variabel dan indikator terhadap variabel melalui Pemodelan Persamaan Terstruktur/Structural Equation Modelling (SEM)

Kata Kunci: Analisis, Peran, Motivasi, Kebijakan, Partisipasi, Perilaku, Kinerja, Pengelolaan Sampah