TUJUAN:

(1)   Mengaktifkan kembali dan mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam menggunakan bahasa Inggris khususnya dalam telaah literature yang berhubungan dengan penyempurnaan proposal penelitian untuk tesis

(2)   Melatih mahasiswa menulis menggunakan bahasa Inggris untuk menunjang pembuatan proposal dan penulisan laporan penelitian untuk tesis.

(3)   Melatih mahasiswa mengembangkan strategi membaca  yang efektif

POKOK BAHASAN DAN METODE PENYAMPAIAN

Efficient reading:  (1) ciri ciri pembaca yang efisien;  (2) faktor penunjang dan penghambat membaca efisien; (3)  membaca dengan tujuan; (4)mencari ide utama (5) Membuat ringkasan,(4) menjadi pembaca yang kritis

Mahasiswa diminta membaca bahan bahan kajian yang dicari mahasiswa sendiri yang meliputi genre spesifik kajian wanita baik berupa periodical, teksbook, maupun jurnal penelitian berbahasa Inggris. Proses membaca meliputi categorizing, reading for facts, making inferences, evaluating source materials and drawing factual conclusions.

Mahasiswa diminta melaporkan bahan bahan yang dibaca dengan genre argumentative baik dalam bentuk tulisan pendek dan atau summary maupun secara oral (15 menit). Ini diikuti dengan diskusi dan semuanya dalam bahasa Inggris walaupun penggunaan bahasa Indonesia diperkenankan dan (2) membuat laporan tertulis tentang strategi membaca yang menunjukkan proses yang dialami mahasiswa selama membaca, masalah masalah yang ditemui, baik itu masalah dalam membaca dan bagaimana mengatasi permasalahan dalam proses membaca.

Dosen memfasilitasi mahasiswa dengan perbaikan strategi membaca dan presentasi tulisan maupun oral. Termasuk dalam hal ini adalah kemampuan mahasiswa dalam structure/grammar, vocabulary, dan pronunciation.

EVALUASI

Penilaian didasarkan pada (1)kehadiran dan kualitas partisipasi mahasiswa  dalam presentasi dan diskusi (2)pengumpulan telaah artikel wajib; (3) pengumpulan laporan mingguan tentang pengembangan strategi membaca. (4)pengumpulan  sedikitnya 8 laporan pendek untuk untuk artikel yang dicari sendiri dan dipresentasikan  di kelas.

 

Dosen :

  1. Dr. Indah Winarni, MA* (Koordinator)
  2. Hesti R. Wijaya, PhD.,Ir
  3. Dr.dr. Retty Ratnawati,MSc